Kamis, 31 Juli 2008

Mengatasi Rasa jenuh Setelah Melakukan Aktivitas

1. Mencintai pekerjaan
Kerjakan tugas-tugas Anda dengan cara yang senyaman mungkin. Cobalah mengubah pola pikir Anda selama ini, ganti suasana monoton dengan suasana baru, dan putar lah lagu-lagu kesukaan Anda. Bila letih, istirahat lah sejenak. Misalnya dengan cek e-mail, menyapa teman atau cari kenalan lewat chatting atau friendster, mengisi blog, dan lainnya.

2. Ciptakan suasana humor
Di sela-sela pekerjaan yang membosankan, cobalah untuk tertawa. Tawa dapat mengendorkan syaraf-syaraf yang tegang, dan membantu menekan stres. Semakin sering tertawa, semakin baik Anda mengatasi kejenuhan. Tak banyak yang tahu kalau stres juga berhubungan dengan hormon, jadi sering-seringlah tertawa.

3. Bersosialisasi
Temui dan lakukan aktivitas dengan banyak orang, baik dengan teman kerja, sahabat maupun keluarga. Cara ini cukup efektif untuk mengurangi stres dan jenuh. Bahkan sebuah studi mengatakan, seseorang yang memiliki sedikit teman dan jarang beraktivitas atau bersosialisasi, cenderung beresiko mati muda.

Dari obrolan akan muncul humor atau kelakar menggelitik, sehingga membuang pikiran-pikiran negatif yang membuat Anda semakin merasa jenuh. Lakukan hal-hal yang menyenangkan, sehingga hari-hari Anda lebih bersemangat.

4. Ganti suasana
Ini adalah cara praktis untuk mengusir rasa bosan. Gantilah pemandangan komputer dan tumpukan buku, dengan melihat-lihat pemandangan di luar jendela atau berbincang santai dengan rekan kerja di ruangan lain.

Usai jam kerja, ajaklah rekan Anda minum kopi atau ice cream di warung sebelah. Buang jauh-jauh pembicaraan mengenai pekerjaan dan urusan kantor, cukup bicarakan hal-hal yang sifatnya intermezo agar bagian otak lain ikut terangsang.

5. Tukar posisi
Bila memungkinkan, tukar lah posisi duduk Anda dengan rekan kerja - meski hanya untuk sementara. Selain ganti suasana, pertukaran juga akan membuat otot-otot lebih rileks. Atau ubahlah posisi meja kerja Anda, meski agak sulit dan membutuhkan waktu tak sedikit, cara ini cukup mempengaruhi kondisi psikologis Anda.

6. Melakukan pekerjaan sepele
Melakukan kesibukan kecil dan sepele juga bisa mengurangi jenuh, misalnya mengatur laci meja, merapikan dokumentasi Anda, dan lainnya.

Bisa pula dengan membaca buku ringan di sela-sela waktu, seperti membaca koran atau majalah, sebelum mulai kerja kembali. Meski sebentar dan sepele, namun kesibukan kecil ini membuat aktivitas Anda lebih bervariasi.

(dari berbagai sumber)

1 komentar:

PRIBUMI AREA mengatakan...

Buat biro jodoh aja....
tapi yang bohay-bohay yach...
pasti gw daftar dech...
he...he...